Minggu, 15 November 2015

Pohon Cerita



Pohon Cerita
Waktu subuh sudah masuk dan ia pun bangun untuk melaksanakan salat subuh, tak lama kemudian ada pesan masuk dari temannya untuk mengajak jogging pagi sambil mengambil uang di atm, ia lekas bersiap-siap. Di tengah perjalanan ia melihat bunga yang indah, sudah lama ia menginginkan bunga itu, ia bilang kepada temannya bahwasanya nanti ia akan mengambil bunga itu, temannya pun hanya mengiyakan perkataannya.
“ Angges..??”
“ Iya, ada apa Dit??”
“Ayo kita kedepan, jogging sekalian ambil uang, uang aku udah abis ni.!!”
“ Ok Ok, kedepannya make sepatu apa sendal Dit??”
“ make sendal ajalah”
“ lah kok make sendal, kan katanya jogging??”
“ ahh gak apa-apalah, kan jogging abal-abal  ;D”
“ Ya sudah ayo pergi Dit, lama kali kau dandannya, memangnya ada siapa sih di depan?? ;D “
“ dak ada lo, aku t Cuma make jilbab nah, ya sudah ayo pergi, eh katanya tadi si Hariani mau ikut , mana dia?? “
“ Oh iya yah, ntar aku panggil dulu, Har (teriak) ayo pergi, jadi dak melok kedepan?? “
Hariani menjawab.
“ Iyo yuk, gek dulu”
Sampai di FISIP
“ Dita, tengok (menunjuk bunga) itu cantik kan, “
“ Iya cantik ngges, terus kamu mau apa?? Mau ambil gitu?? “
“ Iya dit, tapi ntar kalo lah balek dari depan”
“ ayy ayuk ni, gek marah wong ngambek-ngambek bungo”
    
Singkat cerita mereka pun sampai di atm, lekaslah ia mengambil uang dan karena suasana yang pagi maka belum begitu banyak orang yang keluar, jadi mereka berjalan semau mereka sendiri, setelah itu mereka belanja di Indomaret dan mereka pun menuju asrama kembali.
“Dit, Har kito lewat FISIP b yo balek o”
“Mau ngapain ngges??”
“Nak ngambek bungo tadi apo yuk??”
“Benar har ;D “
“Astaga ngges”
Diambillah bunga oleh si Angges, ia merasa senang sekali. Setelah sampai di asrama, bunga tadi tak langsung ditanamnya karena belum ada pot dan tanah, kelilinglah si Angges di lantai 4 asramanya dan ketemulah dengan pot nganggur dan diambillah olehnya pot itu tadi, nah sekarang yang jadi masalah tanah yang belum dapat. Angges menggedor teman dikamar sebelahnya, dan rupanya ia masih tidur.
            “Yetty, Eonni??? Yetty, Eonni??, belum bangun ehh?? Bangunlah oh lahh siang ini, peh lah kawani aku ngambek tanah, aku tadi ngambek bunge cantik loh,”
Tak ada suara yang menyahut dan pintu kamar pun belum dibukanya, mengocehlah si Angges tadi sendiri.
            “Ayy Eonni nge Yetty ni dak bangun-bangun, uyy bangunlah, ayy dem ;(“
Tak lama kemudian dibukalah pintu oleh si Yetty, dengan raut muka bangun tidur ia keluar kamar, dan bertanya”
            “Ngape ngges??”
“Kawani aku nyari tanah peh, nah tadi aku ngambek bunge cantik nagh,”
            “Uyy masih pagi ini ni, kagek b yo, nunggu sore”
“Nian tapi ehh”
            “Ao ngges”
Pagi berganti siang, waktu siang mereka isi dengan mengerjakan tugas sambil menonton film, ntah akan selesai apa tidak tugasnya itu, karena biasanya kalau sudah nonton mereka akan lupa waktu, dan waktu malamnya baru sibuk mengerjakan tugas, ohh itu sangat mencerminkan mahasiswi. Waktu sore pun datang dan Angges menagih janji Yetty untuk menemaninya mencari tanah.
“ Yetty lah sore loh, kan tadi lah janji nak ngawani aku ngambek tanah”
            “iyo yo ngges, gek dulu yo, aku beraup dulu, kau t gantilah baju”
“Okok, cepet eh kau t”
“Siip”
Mereka pun pergi keliling mencari tanah, tapi setelah berkeliling lumayan jauh mereka tak kunjung menemukan tanah yang baik, akhirnya mereka terus berkeliling dan kemudian menemukan tanah yang lumayan lah.
“Ayy udemlah Yet, tanah ini b lah, lah capek aku”
            “Jelek loh ngges, gek sabar, kito cari dulu b”
“Nahh sano b yet, (menunjuk pohon rindang) nak subur nak idak pokok o kesano b”
            “Ao pehlah kesane”
“Nahh samo b tanah o, ay demlah penting kan lah ado tanah”
            “Ao ngges”
“Yetty tolongi aku oh??”
            “Ayy ndak eh, kotor tangan aku”
“Ayy cicak kebersihan pulo”
            “Ngges kalo disini ni ingat zaman masih kecik dulu ehh, belum banyak pikiran, dan dulu t aku ni diasuh oleh mamang aku, pokok o jarang sekali aku ni diasuh oleh wong tuo aku”
“Ao ape Yet?? Ngapo cem itu??
            “ Kan aku anak bungsu terus t aku kan masih kecik t imut-imut”
“Mulai dahh ;D”
            “Serius loh ngges, kau belom b nengok foto aku, imut nian dakke percayo kau kalo itu aku, ayy pengen cem dulu lagi aku ngges”
“Dak pacak lah yet, umur semakin betambah dan waktu semakin beputar”
Entah kenapa percakapan itu terus mengarah ke arah yang lebih serius.
“Ngges ngapo setiap kawan aku cerito masalah keluargo t aku lemaklah diem b, tapi masih b di hati ku ni sakit nyan kalo maslah keluargo t”
            “Mungkin kau t terlalu rindu dengan keluargo Yet”
“Bukan loh ngges, aku ni memendam terus, aku pikir Cuma aku b yang dak lemak samo bapak t, ternyata ado jugo kawan aku yang cak itu”
            “Ngapo memang Yet??”
“Ade loh ngges pas kito nak masuk semester 3 ni, kan kau sms aku nak ngajak balek k.layo ni bareng, nahh ado yang aku bales sms kau t sambil nangis,”
            “Ngapo pulo cem itu yet”
“Uyy ngges aku t dak tau lagi nak kuliah apo idak pas saat itu, mano bapak aku ngomong boros nyan kau ni, duit yang aku kasih t lah abis apo??” nah aku jawab “iyo lah abis,” terus kato o idak dio nak hura-hura, segalo dibeli tu. Aku jawabi lagi “uy pak mano ado aku ni boros seribu rupiah pun aku pkir kalo nak jajan t oleh aku tau susah nyari duit t, pernah aku ni dak makan oleh katek duit, tapi aku tahan b” terus kato o “ngapo masih idop kalo idak makan” nahh ngges disitu aku meraso sakit nyan, dan aku tekadke nian” aku dakke mintak duit lagi samo bapak, dan kalo biso aku dakke balek sebelum aku sukses”
            “Yet aku tahu perasaan kau saat ini, kau benci kan kek bapak kau?? Aku juga pernah kek kau t, rasanya tiap hari melihat muka bapak itu seperti melihat hantu, tapi lama kelamaan sikap bapak aku berubah seiring berjalannya waktu, tapi Yet janganlah kau betekad dak nak balek t, kasian samo mak kau, dio rindu kek kau, biarlah kau benci kek bapak kau, tapi ingatlah mak kau”
“Ao ngges, tapi sikap bapak aku t lah kelewatan nian loh, aku n selalu rindu kek mak aku, tapi cak mano aku dak galak balek untuk saat ini, aku muak nian nengok bapak aku t.”
            “Yet, sikap bapak kau t belum kek bapak aku, dulu bapak aku t menggadeike sawah kami, niatnya untuk usaha, tapi apo, abis b untuk dio foya-foya, aku benci nian saat itu dan kau tahu seribu rupiah, tapi ia masih bertahan dirumah itu demi aku dan adikku, pernah kami diusir malam-malam oleh bapakku karena ia ribut dengan umakku dan aku membela umakku, malam yang kabut, aku dan adikku menangis karena tak tahu harus kemana kami bertiga malam itu, mau menelpon ayukku raso dak lemak dengan suami o karena lah malam, nak nginep tempet tetangga atau kawan jugo dak lemak, akhirnya umakku mengajak kami untuk tidur di bawah rumah kan kebetulan rumah kami rumah panggung, dan bawahnya ada tempat seperti gudang itu nah, jadi kami tidok sano tanpa selimut, padahal malam itu sangat dingin dan banyak nyamuk, aku tahu sebenarnyo umakku nak nangis tapi ia tahan karena dak galak nengok kami nangis lagi, malam semakin larut dan akhirnya kami tertidur dan baru bangun saat paginya” barulah kami pulang, dan bapakku jugo nanyo perihal tidur dimana kami” tapi kami hanya diam, rupanya ia masih khawatir dengan kami, tapi rasa benci aku semakin memuncak tapi aku hanya bisa diam”
            “Ngges aku t jugo cem itu, pernah mak aku nak jamu penganten tapi katek duit untuk beli bahan untuk masak, tapi ia diam b, dak berani ngomong apolagi nak mintak duit samo bapak aku”
“Umak kau t diem terus yo yet kalo ribut samo bapak kau??, kalo mak aku t cerewet jadi setiap bapak aku marah ia pasti bales jawab tapi kalo bapak aku nak maen tangan dio belari, terkadang aku marah samo mak aku, aku suruh diem b tapi terkadang aku jugo kasian kan dio jugo nak bela diri, ayy ntahlah yet, tapi sekarang lahh idak lagi kok, do’a ke b bapak kau cepet berubah.”
            “ Lemak umak kau galak jawab’ii, kalo mak aku diem terus, terkadang kasian aku, aku tu pengen sekali b cubo mak aku t jawab’i ocehan bapak aku t, aku benci nyan nge cowok t ngges, itulah ngapo aku t samo Rahmat idak terlalu, apo lah gilo aku ni ngges yo, kalo melihat cowok nangis t, seneng nian aku apolagi cak Rahmat yang selalu tersakiti oleh aku, aku dak galak nikah, aku benci cowok, cowok t samo b”
“Bukan yet, kau t bukannyo gilo, Cuma perasaan kau b yang lagi kacau, Cowok t pasti ade yang baek yet, tengok Rahmat nah, dio masih b sabar, masih b ngarapke kau, percayolah suatu saat bapak kau t akan berubah dan kau bakal nemuke cowok yang benar-benar sayang kek kau dan tulus, dulu aku juga pernah mikir dak galak nikah, dak galak idop nge cowok, cowok t galonyo jahat, tapi sekarang lambat laun pikiran itu mulai ilang yet, pikir b lah umak kito b biso melewati ini selamo betahun-tahun demi kito, lah kito dak boleh nyerah, boleh benci untuk saat ini, tapi ingatlah ibumu dan saudara-saudaramu yang masih sangat sayang padamu”
            “ (Menangis Terseduh) Iyo ngges, tapi kapan lagi nak berubah, bapak aku t lah tuo, aku ni selalu mikiri umakku ngges, kato o jangan idak kuliah, lanjutkelah b. Aku t bejuang demi mak aku, tapi susah nyan rasonyo ngges, pernah terpikir olehku ngges masak terus kasih racun dalam makanan t terus kasihke bapak aku terus dio mati dem”
“( Menangis sambil memeluk Yetty) Aku juga pernah mikir sepertimu yet, tapi itu dulu, malah dalam setiap do’a dalam salat aku selalu aku minta cabutlah nyawa bapak aku, tapi Allah berkehendak lain, bapak aku berubah, dan lambat laun aku juga luluh, aku mulai kasihan samo bapak aku, sekarang ia benar-benar berubah, ia jadi sedikit lebih pendiam dan tidak mengocehi mak aku terus, pernah aku pikir yet, ngapo sih idop aku kek ini, ngapo idak cak kawan-kawan yang lain yang selalu bahagia?? Tapi inilah takdir, dak pacak lagi yet, aku dak pernah cerita loh kecuali samo buku diary dan Allah, dan saat ini kau bercerita tentang itu dan akupun tahu bahwasanya bukan aku saja yang mengalami hal seperti itu, sudahlah ini takdir kita yet”
            “(Masih menangis) Ao ngges, tapi nak kek mano lah aku ni,??
“Sudemlah nangis t yet, dekatkan dirimu pada Allah, dan ingatlah Umak kau dan orang-orang yang sangat menyayangimu. Dan semoga kelak kita akan menemukan cowok yang sayang dan tulus samo kito, idak kek bapak kito.”
            “Iyo ngges, aamiin”
“Yet lah sudah adzan magrib, peh kito balek, dan lupakan hal ini, mari menyambut masa depan dengan senyum dan harapan-harapan yang baik, anggaplah masa lalu itu pelajaran untuk kita dan biarlah menjadi kenangan saja, bila perlu tak usah dikenang lagi jika itu terlalu menyakitkan.”
Akhirnya mereka berdua pulang ke asrama dengan mata merah dan bengkak karena menangis, dan membawa tanah untuk menanam bunga cantik, kejadian itu menjadi awal lahirnya bunga cantik tumbuh dengan tanah yang diambil di bawah pohon cerita, cerita yang begitu menyedihkan, masa lalu yang tak perlu dikenang, dan semoga saja bunga cantik yang ditanam Angges dari tetesan air mata cerita  tumbuh dengan baik dan membawa cerita yang membahagiakan. Aamiin
Kejadian pada Hari Minggu Sore, 11 Oktober 2015 (Lapangan Depan Apartemen Unsri)
Dua gadis mempunyai cerita sama, dan berharap akan menemukan kehidupan baru yang lebih baik, semoga Allah mendengar do’a mereka, dan semoga mereka diberi kekuatan, kesabaran, ketabahan dalam hidupnya, sesungguhnya mereka ialah orang yang sangat kuat, karena kenapa mereka mampu melalui semua ini, dan semoga kelak mereka akan tangguh dalam segala hal, dan semoga mereka lebih dewasa dalam segala hal, karena setiap cobaan untuk bisa mendewasakan diri. Gadis yang begitu malang, karena harus melalui hal yang begitu sulit, dan sudah mengalami trauma terhadap lelaki. Apakah kelak mereka akan menemukan kebahagiaan,?? Semoga saja............. mereka sudah terlalu banyak mengecap pahitnya hidup, sudah saatnya mereka menemukan kebahagiaan. Yah semoga saja.
By: Angges Selvera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar