Senin, 26 Oktober 2015

Mengenal 12 karakteristik gambar anak usia dini

Mengenal 12 karakteristik gambar anak usia dini
1.Organic
     Berhubungan langsung serta bersimpati terhadap objek-objek nyata, lebih suka obyek dalam         kelompok dari pada yang tersendiri, sudah mengenal proporsi dan hubungan organis yang wajar,   misalnya pohon yang menjulang di atas tanah, gambar manusia atau hewan bergerak yang sesuai dengan bentuk dan sebagainya.

2. Lyrical     (liris)
      Menggambar obyek-obyek realitis, tetapi tidak bergerak separti pada organik. Obyek yang digambarkan statis dengan warna-warna yang tidak mencolok. Biasanya digambarkan oleh anak perempuan.
3.  Impressionism
      Lebih mementingkan detail yang dilihat dari suatu obyek dari pada keseluhuan, konseptual. Dalam gambar lebih di utamakan kesan “suasana”.

4.  Rhytmical    pattern (pola rimis)
      Gambar memperlihatkan pengulangan dari satu obyek yang dilihat. Misalnya: gambar anak perempuan, kemudian mengulang gambar tersebut sampai bidang gambar terisi semua. Sifatnya bisa organis atau lyris, dan selalu mengikuti pola umum (realistis).


5. Structural form ( bentuk yang bersusunan)
      Type ini jarang pada gambar anak. Obyek mengikiti rumus ilmu bangun. Objek diperkecil menjadi satu rumusan geometris di mana rumus yang aslinya di ambail dari pengamatan.

6. Schematic
      Pengamatan menggunakan rumus-rumus ilmu bangu tanpa ada hubungan yang jelas tentang susunan organis. Skema dari obyek di sempurkan menjadi satu disain yang ada hubungannya dengan pengamatan anak terhapad obyek secara simbolis.

7. Haptik
      Gambar-gambar tidak berdasarkan pengamatan visual suatu obyek, tetapi bukan skematik. Gambar yang dibuat mewakili image-image hasil rabaan dan sensasi fisik dari dalam.

8. Expressionism

      Ciri : hasil gambar anak yang menunjukkan bagaimana anak melihat dunia. Tidak hanya mengekspresikan sensasi egosentrik saja tetapi juga objek dunia luar seperti huatan, gunung, sungai dan lain-lain, sehu=ingga yang berperan bukan hanya yang berasal dari sensasi dari dalam diri anak. Sebagai titik tolaknya adalah pengamatan visual kemudian diolah sehingga tampak seperti berlabih-labihan dan berubah dari bentik aslinya.

9. Enumerative

      Ciri : anak yang dikuasai oleh obyek yang diamatinya dan tidak dapat menghubungkan dengan sensasi yang ditimbulkan dari dalam dirinya. Sehinnga ia menggambar semua bagian-bagian kecil yang dapat dilihatnya pada bidang gambar tanpa ada yang berlebih-lebihkan. Jadi tidak ada unsur pribadi muncul pribadi muncul dalam gambar yang dibuat, seakan-akan sebuah potret dari suatu objek.


10. Decoratif (dekotatif)

         Ciri : anak terutama tertarik oleh warna dan bentik dua dimensi dan mengusahakannya menjadi pola yang menggembirakan. Bentuk-bentuk natural diekspresikan menjadi bentuk yang mengekspresikan perasaan senang, melakoni dan sebagainya. Bentuk maupun warna yang dihasilkan merupakan gambar yang melambangkan perasaannya. Warnanya cenderung cerah dan tidah ada perspektif dalam gambarnya.




11. Romantic

         Ciri : teme diambil dari kehidupan tetapi dipertajam dengan fantasi. Gambar merupakan gabungan kembali antara ingatan dan imajinasinya, dan menyangkut rekayasa baru.

12. Literary (khayalan)

         Ciri : tema semata-mata khayal yang berasal dari rasa dari dalam atau dengan imajinasinya mensiptakan bentuk-bentuk yang baru . tema yang dipilih merupakan gabungan imajina dan ingatan untuk berkomunikasi dengan orang lain.




eee (2).jpg
2 (2).jpg
2 (3).jpg
4 (2).jpg
5 (2).jpg
6 (2).jpg
7 (2).jpg

8 (2).jpg
9 (2).jpg

10 (2).jpg
11 (2).jpg
12 (2).jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar